SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI



1. SEJARAH SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI

Sosio teknologi diperkirakan lahir dalam lingkungan yang marak dengan perkembangan teknologi yang sering menimbulkan banyak pertanyaan yang berhubungan dengan moralitas dan kehidupan sosial, sosio teknologi juga memiliki relevansi khusus di negara-negara berkembang seperti Indonesia dan negara lainnya.
Teknologi yang mendasar ditemukan pada tahun 1980. Sejak tahun 1980 teknologi terus mengalami perubahan mulai dari teknologi mekanik, elektronik, analog hingga ke format digitalhingga saat ini. Hal ini sama pentingnya dengan kemampuan untuk memindahkan informasi digital antar media, mengakses atau mendistribusikannya melalui jarak jauh, mempermudah dalam melakukan suatu kegiatan sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Dalam hal ini komputer digunakan sebagai media informasi. Pada awalnya, pengolahan informasi berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern saat ini dipakai untuk tugas yang tidak berhubungan dengan matematika dan komputer saat ini juga sangat canggih.
Sosio teknologi informasi telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang mampu membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar.

2. PENGERTIAN SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI
Sosio teknologi informasi merupakan suatu bidang kajian dalam melihat pengaruh perkembangan teknologi informasi dalam kehidupan sosial. Sosio teknologi adalah bidang kajian baru yang berusaha melihat pengaruh evolusi teknologi dalam kehidupan sosial. Bersamaan dengan lahirnya postmodernisme, orang mulai meninggalkan pembagian Aristotelian dalam disiplin ilmu, contohnya dengan lahirnya kajian kompleksitas, teori pattern language dalam arsitektur dan lain-lainnya. Pengertian dari sosioteknologi informasi itu sendiri, yaitu berupa relasi atau hubungan antara kehidupan sosial dengan teknologi. Kita dapat mengetahui penerapan penerapan teknologi pada kehidupan yang sebenarnya .
Definisi sosio teknologi informasi:
·           Menurut Filino Harahap (Mangunwijaya, 1983)
teknologi merupakan penerapan secara sistematis dari pengetahuan-pengetahuan ilmiah untuk keperluan-keperluan praktis. Pengetahuan-pengetahuan tersebut terakumulasi dalam kemampuan teknik dan intelektual yang diaplikasikan secara praktis dalam menciptakan produk (barang dan jasa) untuk keperluan umat manusia.
·           Secara umum
sosioteknologi adalah sebuah epistemologi pengembangan sains dan teknologi dengan sudut pandang aspek kemasyarakatan dan kemanusiaan. Studi ini memiliki fungsi dan peran untuk mentransformasikan masyarakat menjadi masyarakat pengetahuan yang kritis, kreatif, dan inovatif. Sosioteknologi sendiri mencoba menelaah lebih jauh tentang keterkaitan ataupun relasi antara manusia dengan teknologi. Penelaahan ini berkaitan dengan implikasi yang ditimbulkan teknologi terhadap segi-segi kehidupan dan penghidupan masyarakat –bagaimana seharusnya mengelola dampak dan peran teknologi tersebut dalam meningkatkan derajat kemasyarakatan di satu sisi, serta bagaimana seharusnya sikap dan peran masyarakat dalam menerima fungsi teknologi itu di sisi lain.

Jadi kesimpulan pengertian dari sosio teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara teknologi informasi dengan aspek sosial atau dampak dari penggunaan dari teknologi terhadap kehidupan sosial.

3. PERKEMBANGAN SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI 
Perkembangan sosio teknologi informasi saat ini semakin berkembang dalam segala bidang, mulai dari kalangan masyarakat, di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat, tepat dan masih banyak yang lainnya.  
1.     Di bidang bisnis
Dalam bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat. Misalnya dalam Sistem Informasi Manajemen (Management Information System – MIS) yang merupakan sistem informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah, atau perusahaan kecil. SIM dapat diterapkan pada semua tingkat atau level manajemen yang ada yaitu manajemen tingkat atas (top management), manajemen tingkat menengah (middle management), dan manajemen tingkat bawah (lower management).
2.    Di perusahaan
Dalam perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
3.    Di bidang perbankan
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya.
4.    Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.
5.  Pada sistem jaringan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia menunjukkan bahwa sosio teknologi informasi mampu memberikan kemudahan luar biasa kepada pengguna dalam mengakses informasi lintas batas. Selain itu, sosio teknologi informasi juga memberikan kemudahan bagi pengelola informasi (pustakawan) untuk mengolah, menyimpan dan menyebarkan informasi yang telah didapat. Sosio teknologi informasi juga menjadi sarana untuk membangun perpustakaan elektronik. Dengan mensurvey beberapa perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia, didapatkan gambaran tentang kesiapan perpustakaan perguruan tinggi dalam menyambut perpustakaan elektronik ini. Jaringan informasi dan perpustakaan elektronik sangat diperlukan bagi perguruan tinggi, guna memberikan akses yang besar kepada pemakai (mahasiswa, dosen, peneliti) terhadap perkembangan pengetahuan.

4. DAMPAK POSITIF dan NEGATIF PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI

DAMPAK POSITIF DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI:

·       Memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi secara global kapan saja dan dimana  saja. Kini banyak fitur-fitur dan media yang mendukung fasilitas komunikasi harganya pun sekarang mudah terjangkau.
·           Menguntungkan perusahaan, dan juga menambah lapangan kerja dengan memanfaatkan jasa teknologi informasi yang ada. Sebagai contoh dalam bidang perdagangan, kini masyarakat lebih mudah untuk membeli/menjual suatu barang dengan berbelanja secara online. Selain prosesnya yang mudah dan cepat, biaya terjangkau.
·      Memudahkan masyarakat dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan cepat dengan perangkat software yang selalu berkembang dan mudah di gunakan oleh masyarakat banyak
·           Memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang di butuhkan. Dengan adanya  search engine yang beredar, kini masyarakat lebih mudah mengakses informasi yang ada dalam dunia maya. Informasi dan berita yang ada, cenderung lebih cepat dan lebih mudah didapatkan pada web browser di bandingkan dengan media lain.
·           Keuntungan internet banking bagi nasabah antara lain menghemat waktu, menghemat biaya, dan juga lebih cepat.
·           Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pemerintahan memiliki keuntungan antara lain meningkatkan layanan kepada masyarakat, pelayanan yang lebih cepat, meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi mudah diperoleh, dan juga tersedianya informasi yang mudah diakses masyarakat.

DAMPAK NEGATIF DARI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI:

·         Maraknya cyber crime atau kejahatan dalam dunia maya. Sebagai contoh para hacker yang bisa menjebol sistem komputer seseorang, juga para cracker yang dapat merusak web seseorang.
·         Munculnya para penipu yang memanfaatkan internet.
·         Berbagai peralatan TIK seperti TV, internet, banyak menayangkan dan menampilakan tindakan-tindakan pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan yang dengan cepat ditiru para penikmatnya.
·         Penyebaran Virus Komputer. Virus komputer adalah sebuah program yang berukuran relatif kecil dan bersifat sebagai parasit yang mampu hidup dan menggandakan dirinya menyerupai file maupun folder dan sangat mengganggu pengguna komputer yang terinfeksi.  Virus komputer meyebar melalui berbagai media termasuk media internet dan penyimpanan (file storage) seperti CD-ROM, Disket, Flash Disk, Hard Disk, dan Memory Card.
·         Menimbulkan sifat yang cenderung malas. Seringkali pengguna internet tenggelelam dalam dunia nya sendiri dan tidak mempedulikan sekitarnya, banyak dari mereka yang lebih sering berinteraksi dengan teman dunia mayanya di bandingkan dengan teman dalam dunia nyata.
·         Mentalitas teknologi, seolah-olah segala sesuatu dapat dipecahkan oleh teknologi dan sesuatu akan lebih meyakinkan kalau dilakukan dengan peralatan dan disertai angka-angka. Hal ini yang sudah biasa atau mudah diperhitungkan masih memerlukan bantuan penelitian eksperimen.
·         Pelanggaran Hak Cipta. Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta maupun penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya maupun memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan menurut peraturan undang-undang yang berlaku

SUMBER: 
 

a.    http://emilsalim731.blogspot.com/2012/10/tugas-1-sosioteknologi.html


d.    http://yusriyauya.wordpress.com/2013/01/17/dampak-it-dalam-kehidupan-sosial/
 

 
 
 

·      

 

 

0 Response to "SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI"

Posting Komentar