contoh bussines plan milktea




1.   RINGKASAN EKSEKUTIF

Perusahaan kami bernama Milktea Way. Corp. Kami bergerak di bidang kuliner. Kami menjual minuman berbahan dasar susu dengan campuran teh, disebut Milktea Way. Biasanya Milktea berisi grass jelly saja, namunminuman kami berisi rumput laut, cendol dan grass jelly. Minuman kami dapat disajikan dengan atau tanpa es. Kami mengemasnya dalam suatu gelas plastik dan dilengkapi dengan sedotan sehingga praktis. Target pemasaran kami adalah mahasiswa dan masyarakat di lingkungan kampus UGM yang sedang mengunjungi SunMor. Untuk ke depannya produk kami sangatlah prospektif terlebih sebentar lagi memasuki bulan puasa dimana akan banyak orang mencari minuman segar untuk berbuka puasa. Untuk pengembangan usaha kami berencana membuka cabang di seluruh kampus di Jogja dan berjualan tidak hanya saat SunMor.
Visi kami adalah menjadikan milktea way sebagai minuman sehat yang digemari masyarakat luas. Misi kami adalah membuat minuman sehat yang cocok dikonsumsi semua kalangan dan memberikan pelayanan kepada pembeli dengan baik.

2.   LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

2.1   DATA PERUSAHAAN

1.         Nama Perusahaan
Milktea Way.corp

2.         Bidang Usaha
Kuliner

3.         Jenis Produk / Jasa
Minuman

4.         Alamat Perusahaan
Jalan Agro

5.         Nomor Telepon/Fax
089687710436


6.         Alamat E-mail
-


7.         Bank Perusahaan
-

8.         Bentuk Badan Hukum
-

9.         Nomor Akte Pendirian
-

10.     N P W P
-

11.     Mulai Berdiri
20 Juni 2015

2.2   BIODATA PEMILIK / PENGURUS

Nama
Fajar Dwi Nugroho

Jabatan
Direktur

Tempat dan Tanggal Lahir
Jakarta 18 Maret 1996

Alamat Rumah
Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta

Nomor Telepon


Nomor Fax


Alamat E-mail
fajarzapra@gmail.com

Pendidikan Terakhir
SMA

Pengalaman Kerja


 

Nama
Ilham Sambudhi

Jabatan
Wakil Direktur

Tempat dan Tanggal Lahir
Banyuwangi 22 April 1996

Alamat Rumah
Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta

Nomor Telepon


Nomor Fax


Alamat E-mail
sambudhi22ilham@gmail.com

Pendidikan Terakhir
SMA

Pengalaman Kerja

 

Nama
Alfian Solihin

Jabatan
Manajer General

Tempat dan Tanggal Lahir


Alamat Rumah
Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta

Nomor Telepon


Nomor Fax


Alamat E-mail


Pendidikan Terakhir
SMA

Pengalaman Kerja


 

Nama
Asrar

Jabatan
Manajer Pemasaran

Tempat dan Tanggal Lahir


Alamat Rumah
Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta

Nomor Telepon


Nomor Fax


Alamat E-mail


Pendidikan Terakhir
SMA

Pengalaman Kerja


Nama
Putri Eky Pratiwi

Jabatan
Manajer Produksi

Tempat dan Tanggal Lahir
Bekasi, 21 Januari 1996

Alamat Rumah
RT 01/ RW 01 Baleharo Pacitan Jawa Timur

Nomor Telepon
089687710436

Nomor Fax
-

Alamat E-mail
putrieky.mail@gmail.com

Pendidikan Terakhir
SMA

Pengalaman Kerja
Staff Kewirausahaan

 

Nama
Khoirotunnisa

Jabatan
Manajer Keuangan

Tempat dan Tanggal Lahir
Klaten 3 Juni 1996

Alamat Rumah
Karangbendo, CT III/ 11, Depok, Sleman

Nomor Telepon
085726921930

Nomor Fax
-

Alamat E-mail
Kknnisa99@yahoo.co.id

Pendidikan Terakhir
SMA

Pengalaman Kerja
-

 

 

2.3   STRUKTUR ORGANISASI


Fajar Dwi Nugroho
Direktur
Alfian Solihin
Manajer General
Khoirotunnisa
Manajer Keuangan
Putri Eky Pratiwi
Manajer Produksi
Asrar
Manajer Pemasaran
Ilham Sambudhi
Wakil Direktur
 





















3.   ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

3.1   PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

Produk yang dibuat oleh kami adalah sebuah minuman yang menyegarkan yaitu Milktea Way. Milktea way adalah minuman teh dicampur susu yang ditambahkan dengan cendol, rumput laut dan grass jelly.
Ketiga bahan tambahan tersebut membuat minuman semakin segar, mengenyangkan dan juga menyehatkan, karena ketiga bahan tambahan dan dua bahan utama memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh

KEUNGGULAN PRODUK YANG DIMILIKI

1.         Terbuat dari bahan – bahan yang menyehatkan dan tidak mengandung zat bebrahaya
2.         Menyegarkan tubuh dan menghilangkan dahaga
3.         Harga ekonomis
4.         Halal
1.       Produk tidak tahan lama
Kelemahan Produk Yang Dimilki


3.2   GAMBARAN PASAR

Produk kami akan dijual di SunMor dengan sasaran pembeli pengunjung SunMor yang datang. Biasanya pengunjung SunMor akan kehausan saat jalan-jalan di SunMor dan biasanya lebih senang dengan minuman sehat yang menarik. Dengan promosi yang baik, Milktea way mampu menjadi produk minuman yang disukai masyarakat.





3.3   TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

Target penjualan untuk milktea way with cendol and seaweed adalah pasar minggu (Sunday morning) karena terkendala kuliah jika berjualan setiap hari. Dalam sebulan perusahaan kami memproduksi 4 kali yang artinya memproduksi seminggu sekali. Pengunjung sunmor berasal dari berbagai kalangan, kebanyakan pengunjung adalah mahasiswa, remaja dan rombongan keluarga.



3.4   TREND PERKEMBANGAN PASAR


Seiring berjalannya waktu, banyak ide-ide kereatif dan inovatif dibidang kuliner. Hal tersebut dapat mengubah mindset masyarakat untuk terus mencoba hal-hal yang baru. Maka dari itu produk kami merupakan produk inovatif yang mengarah pada segi kesehatan untuk tubuh.

3.5   PROYEKSI PENJUALAN

Untuk satu kali produksi kami mentargetkan mampu menjual 100 cup. Untuk perkembangan selanjutnya, jika respon masyarakat sangat baik kami akan menambah produksi menjadi 200 cup.

3.6   STRATEGI PEMASARAN

    PENGEMBANGAN PRODUK
Untuk kedepannya, kami menambah pilihan isian milktea way dengan bahan yang lain, seperti nata de coco dan cincau.

    PENGEMBANGAN WILAYAH PEMASARAN
Setelah sukses menjual di sunmor, kami proyeksikan penyebaran penjualan dapat masuk ke kantin-kantin beberapa Universitas dan warung-warung makan.

    KEGIATAN PROMOSI
Pada tahap awal penjualan, promosi kami lakukan dengan menawarkan kepada setiap pengunjung sunmor.

    STRATEGI PENETAPAN HARGA
Untuk harga milktea way with cendol and seaweed kami bandrol Rp 4.000,- untuk setiap cup



3.7   ANALISIS PESAING

PESAING
KEUNGGULAN
KELEMAHAN
Milktea Jello
1.         Promosi bagus
1.         Lebih mahal
2.         Bahan isisan hanya jelly
Ice Bland
1.         Rasa bervariasi
1.         Lebih mahal
2.         Pakai serbuk powder sebagai bahan dasar

3.8   SALURAN DISTRIBUSI

1.     Wilayah Pemasaran
Di Sunday morning

2.     Jalur Distribusi
Personal



3.9    ANALISIS SWOT
Kekuatan
1.       Produk ini merupakan minuman yang aman untuk kesehatan
2.       Harganya murah
3.       Bahan-bahan produk disukai banyak kalangan
Kelemahan
Produk tidak tahan lama
Kesempatan
Biasanya pengunjung SunMor senang membeli minuman saat berkunjung ke SunMor
Pesaing
Banyak minuman unik telah bermunculan dan menggelar lapak juga di SunMor

4.   ANALISIS PRODUKSI

4.1   PROSES PRODUKSI

PROSES PRODUKSI
BAHAN BAKU
TEKNOLOGI
Cara Pembuatan
Pembuatan Teh
Teh Serbuk, Air, Gula Pasir
Manual
Air direbus, kemudian the, gula pasir dan air panas dicampur menjadi satu di termos teh dengan perbandingan 2 bungkus teh, 1,5 Kg gula pasir, air panas diberi satu termos penuh
Pembuatan Grass Jelly
Bubuk Grass Jelly
Manual
2 bungkus nutrijel grass jelly dicampur dengan ½ kg gula pasir, kemudian direbus dengan air secukupnya.
Pembuatan Milktea Way
Susu kental manis,teh, grass jelly,cendol, rumput laut,
Manual
Susu kental manis putih sebanyak 2 sendok dimasukkan kedalam cup, ditambah potongan rumput laut secukupnya, cendol 1 sendok makan, dan grassjelly 2 sendok makan, lalu ditambah air teh sampai ¾ cup dan diberi es batu secukupnya.




4.2   BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA

BAHAN BAKU

KEBUTUHAN
RATA-RATA PER BULAN
Keguaan
Teh Serbuk
4 pcs
Bahan utama
Susu Kental Manis
12 kaleng
Bahan utama
Cendol
4 Ons
Bahan isian
Rumput laut
4 Ons
Bahan isian
Grass Jelly
8 bunguks
Bahan Isian


4.3   KAPASITAS PRODUKSI

ALAT

KAPASITAS
Panci
6 Liter
Kompor
1 Tungku
Termos Teh
10 Liter
Termos es
10 Liter


4.4   RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI

1.         Tutup Cup Otomatis
2.         Kapasitas lebih besar
4.5    Jadwal Implementasi
Fase
Tanggal
Kegiatan
Perencanaan
1 September 2015
Pembelian aset

7 September 2015
Percobaan menu final
Pelaksanaan
20 September 2015
Penjualan perdana
Kontrol
21 September 2015
Monitoring kegiatan penjualan






5.   ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA (SDM)

5.1   ANALISIS KOMPETENSI SDM

Tingkat Pendidikan
Jumlah
Tidak lulus SD
0
SD
0
SMP
0
SMU
6
D1
0
D3
0
S1
0
Total
6
                                                                                                                                                      
Bagian
Jumlah
Direktur
1
Wakil Direktur
1
Manajer General
1
Manajer Pemasaran
1
Manajer Produksi
1
Manajer Keuangan
1
Total
6

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.         Seorang direktur selayaknya memiliki kemampuan memimpin perusahaan agar mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih maju dan mencapai targe-target perusahaan sehingga perusahaan bisa berkembang dengan optimal.
2.         Seorang wakil direktur selayaknya mampu memposisikan diri sebagai pengganti direktur terlebih pada saat direktur sedang menghandle bagian lain. Wakil direktur juga harus bisa memimpin perusahaan dan membantu pekerjaan direktur agar target perusahaan bisa tercapai.
3.         Seorang Manajer General selayaknya mampu menghandle pekerjaan-pekerjaan manajer-manajer yang bidangnya lebih spesifik. Selain itu Manajer General juga hars caap berkomunikasi karena dia dituntut untuk mengomunikasikan segala hal terhadap manajer lain maupun direktur dan wakil direktur.
4.         Seorang Manajer Pemasaran ialah orang yang mampu berkomunikasi dengan siapa saja, karena tugas utamanya adalah memasarkan produk agar bisa sampai di tangan konsumen. Manajer pemasaran juga harus mampu membuat strategi-strategi untuk memasarkan produk secara efisien dan efektif.
5.         Seorang Manajer Produksi adalah orang yang bertanggung jawab terhadap proses produksi dari bahan mentah hingga menjadi produk jadi yang siap jual. Manajer Produksi harus teliti dan menjaga kualitas produk agar sesuai dengan standar nasional yang telah ditetapkan. Manajer Produksi juga mengawasi jalannya produk harus higienis dan tidak terkontaminasi.
6.         Seorang Manajer Keuangan haruslah ahli dalam bidang keuangan perusahaan. Diperlukan kompetensi akuntansi dan ketelitian dalam menghitung dana. Karena yang perlu diperhitungkan bukan hanya arus uang yang masuk dan keluar melainkan juga aset-aset perusahaan.






5.2   ANALISIS KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Tingkat Pendidikan
Pengalaman (tahun)
Keterampilan Khusus
Direktur
Sarjana
2
Leadership
Wakil Direktur
Sarjana
2
Leadership
Manajer General
Sarjana
2
Communication
Manajer Pemasaran
Sarjana
2
Communication and strategic maker
Manajer Produksi
Sarjana
2
System designer
Manajer Keuangan
Sarana
2
Accounting

5.3   RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN
Jumlah Kebutuhan
Tenaga yang Tersedia
Tenaga yang Harus Direkrut
Direktur
1
1
0
Wakil Direktur
1
1
0
Manajer General
1
2
1
Manajer Pemasaran
3
1
2
Manajer Produksi
3
1
2
Manajer Keuangan
1
2
1





6.   RENCANA PENGEMBANGAN USAHA

Produksi akan berkembang tidak hanya dalam segi kuantitas, melainkan juga kualitas dan variasi produk sehingga dapat menyesuaikan keinginan konsumen. Peluasan pemasaran produk juga menjadi perhatian serius agar produk ini tidakhanya diterima oleh masyarakat tertentu, melainkan juga oleh seluruh masyarakat dari berbagai kalangan. Pendirian tempat usaha secara permanen juga telah direncanakan dan tidak menutup kemungkinan akan membukan cabang di berbagai daerah.
Selain itu, rencana pengembangan usaha yang segera dilakukan adalah dengan melakukan kerjasa dengan perusahaan atau wirausahawan lain, misalnya dalam hal pengemasan dan bahan baku.

 

7.   ANALISIS KEUANGAN

7.1   KEBUTUHAN DANA AWAL

1.     Investasi

NO
NAMA
JUMLAH (UNIT)
NILAI (Rp)
UMUR
PENYUSUTAN (Rp/BULAN)
1
Meja
1
150.000
5 tahun
2.500
2
Tremos Teh
1
200.000
3 tahun
5.600
3
Termos Es
1
110.000
5 tahun
1.900
4
Centong Es
1
5.000
2 Tahun
300
5
Centong Dawet
1
5.000
2 tahun
300
6
Centong Rumput Laut
1
5.000
2 tahun
300
7
Kompor
1
85.000
8 Tahun
1.600
8
Saringan Teh
1
9.000
2 tahun
400
9
Kain Lap
1
10.000
1 bulan
10.000
10
Kursi
1
90.000
1 tahun
7.500
11
Panci
1
50.000
5 tahun
2.000
12
Box Dawet
1
15.000
3 tahun
500
13
Box Jelly
2
32.000
3 tahun
900
14
Box Rumput Laut
1
15.000
3 tahun
500
15
sewa
-
20.000
-
20.000
16
Tenaga
1
140.000
-
140.000

Jumlah

941.000

194.300



2.     Kebutuhan Bahan Baku per Bulan

NO
NAMA
FISIK
HARGA (Rp /UNIT)
NILAI (Rp/BULAN)
1
Sedotan
Pak (isi 300)
9.500
3.200
2
Gelas cup
Pak (isi 50)
4.000
32.000
3
Rumput laut
Ons
10.000
40.000
4
Dawet
Ons
10.000
40.000
5
The serbuk
Pcs
2000
16.000
6
Gula pasir
Kg
14.000
112.000
7
Susu
Kaleng
8.000
96.000
8
Es batu
Karung
10.000
20.000
9
Kresek
Pak (isi 50)
5000
40.000
10
Grass jelly
Bungkus
4000
32.000
Jumlah



431.200

3.        Modal Kerja (Rp/Bulan)
Biaya Tetap (FC)                                     =  Rp 194.300,-
Biaya Bahan dan Lain-lain (VC)         = Rp 431. 200,-
Jumlah                                                        = Rp 625.500,-

4.        Kebutuhan Modal Awal
Investasi                                                    = Rp 941.000,-
Modal Kerja                                             = Rp 625.500,-
Jumlah Modal Awal                               = Rp 1.566.500,-


7.2    KELAYAKAN USAHA
1. Biaya
a.      Biaya Tetap         = Rp 194.300,-
b.      Biaya Variabel     = Rp 431. 200,-
c.       Total Biaya          = Rp 194.300,- + Rp 431. 200,-
= Rp 625.500,-
2.Analisis BEP
Harga (P)                          = Rp 4.000,-/ cup
                                         = Rp 1.600.000,-/400 cup
Biaya Variabel (VC)        = Rp 431.200,-
Biaya Tetap (FC)             = Rp 194.300,-
Kapasitas Produksi          = 400 cup
AVC                                = Rp 1.100,-/ cup

A.             BEP Produksi
BEP Produksi                    = X 1 cup
                             = x 1 cup
                             = 67 cup

Pencocokan
     S          = 67 X 4.000    = Rp 268.000,-
     VC        = 67 X 1100     = Rp 73.700,-
     S- VC                            = Rp 194.300,-
     FC                                = Rp194.300,-
     Π                                  = 0

B.             BEP Penjualan
BEP Penjualan     =
                             =
                             = Rp 268.000,-
Pencocokan        
     S                      = Rp 268.000,-
     VC                    = Rp 73.700,-
     CM      = S-VC= Rp 194.300,-
     FC                    = Rp 194.300,-
     π                      = 0

C.             BEP Harga
BEP Harga           =
                             =
                             = Rp 1.570,-/ cup
Pencocokan
     S                      = Rp 640.000,-
     VC                    = Rp 440.000,-
     CM                  =Rp 200.000,-
     FC                    = Rp 194.300,-
     π                      = Rp 5.700,-
π                      ~ 0



3.Analisis Efisiensi
Harga                          = Rp. 4.000,-
Penjualan  400 cup      = Rp. 1.600.000,-
Biaya =( 400 x Rp. 1.100,-)+ Rp 194.300,-    = Rp 634.300,-
R/C      = = 2.52 > 1 maka usaha layak
π/C      =  = 1,52 > bunga bank maka usaha layak
Penjualan Rp 1.600.000,- > Rp Rp 268.000,- maka layak
Jumlah produksi 400 Cup > 67 cup maka layak
Harga jual Rp 4.000,- >Rp 1.570,-/ cup maka layak
Dari hasil perhitungan tersebut, usaha Milktea way dengan kapasitas produksi 400 cup/ bulan layak untuk dikembangkan.




LAMPIRAN

Foto Milktea Way with cendol and seaweed

0 Response to "contoh bussines plan milktea"

Posting Komentar