Saya Rindu Pendidikan

"Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita. Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka"
Demikianlah asas utama Quantum Teaching. Beberapa waktu lalu saya membaca buku Quantum Teaching karya Bobbi DePorter dan kawan-kawan. Agaknya memang ada dorongan yang entah datang dari mana yang menarik saya membaca buku tersebut. MENARIK ! Sehabis membaca buku ini saya merasa mendapatkan motivasi kuat bersamaan dengan rasa sedih yang luar biasa.

Ternyata saya belum temukan Guru yang disebut-sebut beberapa murid sangat berpengaruh di hidup mereka. Pun dengan kiat-kiat belajar ataupun bekal untuk menata hidup. Sebagian besar, buku mengajarkan saya banyak hal. Tentu, Allah memang sudah memerintahkan untuk membaca bukan? Maka saya tak heran ketika saya mendapatkan lebih banyak dari membaca dibandingkan sekolah.

Seharusnya pendidikan mampu meningatkan motivasi, meningkatkan nilai, rasa percaya diri, harga diri dan melanjutkan penggunaan keterampilan sebagaimana hasil yang ditawarkan oleh Super Camp (sebuah program percepatan Quantum Learning yang ditawarkan Learning Forum). Namun, dari pendidikan yang saya tempuh, ada kalanya "mereka" mengajarkan saya merendah. Merendah di depan orang yang lebih kuat baik saya benar atau salah. Tahukah Anda apa yang saya tangkap dari hal tersebut? Mereka ajarkan saya tak apa berbohong demi nilai. Tak apa berlutut memohon maaf meskipun saya benar. Pada akhirnya pada suatu titik, dahulu saya tak mengakui diri sendiri. Mereka ajarkan saya hal yang paling saya benci. Saya tak ingin dan tak akan pernah ingin menjadi seperti mereka. Menjilat bukan keahlian saya dan saya tak berniat melakukannya.

Itulah mengapa saya merindukan pendidikan. Saya ingin dibimbing....
Saya sangat sangat mendambakan saat itu tiba. Namun ada hal yang saya lupakan, bahwa melalui buku saya bertemu dan berbincang dengan banyak tokoh yang mengerti pemikiran saya. Memberitahu saya bahwa masih ada ruang untuk kebenaran meskipun sulit untuk bertahan. Tapi bukanlah hal yang mustahil. Itulah yang mendorong saya mulai melangkah. Saya tak ingin takut lagi, karena saya tahu saya mengejar rindu, rindu akan konsep "terdidik"...


Komentar Saya untuk Buku Quantum Teaching
" Buku ini bagus. Revolusioner. Cara-cara untuk menyampaikan gagasan sangat detail dan terencana. Saya sangat menikmati belajar dan berpetualang dalam tiap lembar buku ini. Menggunakan konsep simponi dan orkestra yang dianalogikan dengan siswa, guru dan lingkungan belajar, membuat buku ini mudah diingat. Sungguh, untuk memudahkan orang mengerti, terkadang harus melekatkan ciri khas. Salah satunya dengan analogi"..

0 Response to "Saya Rindu Pendidikan"

Posting Komentar