Amilum (Farmakognosi/Botani Farmasi)

Belajar Farmasi butuh kerja keras dan usaha ekstra, terutama karena banyak hafalan dengan bahasa ilmiah dan bahasa latin. Berikut ini, untuk membantu teman-teman belajar tentang identifikasi tanaman secara mikroskopis, saya mem-posting gambar-gambar amilum dari beberapa tanaman. Semoga membantu ^_^ Happy study...

Amilum Manihot


Tips :
  • Amilum Manihot mirip dengan Amilum Maydis karena bentuk hilusnya pun mirip. Cara membedakannya adalah dengan melihat secara teliti bentuk amilumnya. Amilum Manihot berbentuk seperti mangkuk sebagaimana terlihat pada lingkaran hitam di atas. Cobalah bandingkan dengan gambar Amilum Maydis di bawah ini, maka teman-teman akan menemukan bahwa kedua amilum ini berbeda sekali dari segi bentuknya.



 Amilum Maydis
Tips :
  • Amilum Maydis berbentuk poligonal dengan hilus berbentuk huruf "Y" mirip Amilum Manihot. Sebagaimana yang terlingkari warna hitam, Amilum Maydis memiliki bentuk berbeda dengan Amilum Manihot, jadi agar tidak salah kaprah ketika ujian atau melakukan identifikasi, temukan banyak bentuk seperti di atas sehingga dapat dipastikan bahwa simplisia yang diamati mengandung Manihot utilissima yang diwakili oleh terdapatnya Amilum Manihot.




Amilum Solani
Tips :
  • Amilum Solani memiliki bentuk khas seperti genangan air dengan lamela yang terlihat samar-samar jika diperhatikan dengan seksama. Coba teman-teman perhatikan amilum yang dilingkari warna hitam, lamela terlihat terlebih ketika teman-teman memainkan fokus mikroskop.



Amilum Tritici

Tips :
  • Amilum Tritici biasanya saya tebak dengan melihat adanya amilum berukuran besar yang dikelilingi amilum berukuran kecil. Saya berpendapat amilum ini mirip seperti kepala Mickey Mouse. Jadi untuk menebak apakah itu benar Amilum Tritici, pastikan banyak terdapat amilum berukuran besar disertai amilum berukuran kecil yang mengelilinginya sebagaimana terlihat pada lingkaran berwarna hitam pada gambar.



Amilum Orizae

Tips :
  • Amilum Orizae memiliki bentuk khas butiran amilum kecil-kecil seperti yang terdapat pada lingkaran hitam. Maka, keika teman-teman mendapati butir amilum yang demikian, dapat dipastikan itu adalah Amilum Orizae.

Oke teman-teman, sekian posting-an saya  mengenai Amilum. Saya mengerti untuk mempelajari identifikasi simplisia yang terangkum dalam mata kuliah Farmakognosi tidaklah gampang. Namun, nilai A bukan hal mustahil ketika kita bekerja keras. Semangat teman-teman !!!

0 Response to "Amilum (Farmakognosi/Botani Farmasi)"

Posting Komentar