Pakaian Putih (Puisi)


Berikut adalah sebuah puisi singkat karya saya sendiri (Reni Tania). Saya menyelesaikannya kira-kira satu jam sebelum mengikuti kompetisi membaca puisi di Kampus. Kala itu, saya mendadak diminta untuk mengikuti lomba membaca puisi dan saya berpikir bahwa cara tercepat untuk menjiwai sebuah puisi adalah membaca puisi buatan sendiri. Alhasil jadilah puisi singkat dengan judul "Pakaian Putih" Karena terburu-buru, saya memilih-milih kata yang enak dilenggak-lenggokkan ketika membaca puisi jadi hasilnya kurang maksimal. Jika teman-teman ingin tahu seperti apa puisi yang saya buat, ini dia ! Happy reading..


***

Dengan pakaian putihnya ia hidup
Menerka-nerka uang siapa yang akan diciumnya esok hari
Uang..
Uang..
dan Uang..

Pakaian putih telah lama menguning
Merekam jejak pemiliknya yang tak becus

Pakaian putih telah lama menjadi lusuh
Merangkul kerdilnya hati tuannya

Pakain putih  telah lama ternoda
Dengan keringat busuk dari tuannya

Pakaian putih telah menjadi hitam
Hitam..
Hitam..
Hitam..
Gosong, terbakar hati yang rakus

Oooh, pakaian putih kini telah menjadi abu, tertiup angin hingga lenyap termakan uang haram


Karya Reni Tania
Dibaca pada Lomba Membaca Puisi
Yang diadakan BEM Fakultas Ilmu Kesehatan
Universitas Muhammadiyah Malang
11 Desember 2014

0 Response to "Pakaian Putih (Puisi)"

Posting Komentar